Utang Negara-negara di Dunia Sangat Mengkhawatirkan

Tak Berkategori

Senin, 21 Agustus 2023 – 19:21 WIB

Jakarta – Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Aviliani menilai ‘global shock‘ atau kejutan global dari waktu ke waktu sepertinya memang bakal terjadi. Hal itu antara lain dapat dilihat dari utang terhadap produk domestik bruto (PDB) yang dimiliki oleh berbagai negara, sudah dapat dikatakan sangat mengkhawatirkan.

Baca Juga :

Ekonom Ungkap 3 Faktor Utama yang Pengaruhi Stabilitas Ekonomi Indonesia

“Karena rata-rata (utang terhadap PDB) di atas 60 persen, padahal batas atas itu adalah justru di 60 persen itu,” kata Aviliani dalam telekonferensi di acara ‘Diskusi Publik Agustusan Ekonom Perempuan’, Senin, 21 Agustus 2023.

Pengamat Ekonomi Aviliani.

Baca Juga :

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Dampak Utang BUMN hingga Maraknya Kejahatan Perbangkan

Dia menegaskan, apabila kondisi hutang terhadap PDB itu berada di atas 60 persen, maka kondisi ekonomi suatu negara itu sangat dipertanyakan.

“Terutama perihal bagaimana tingkat pengembaliannya, dan dalam kondisi beban utangnya yang sudah sangat besar,” ujarnya.

Baca Juga :

Viral, Pengantin di Sumsel Kabur Sisakan Utang Rp21,7 Juta dengan WO Usai Resepsi

Karenanya, Aviliani mengatakan bahwa salah satu hal yang perlu disadari adalah bahwa kepastian di tataran global itu adalah ketidakpastian itu sendiri. “Artinya adalah bahwa global shock dari waktu ke waktu memang akan terjadi,” ujarnya.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia sendiri?

Halaman Selanjutnya

Aviliani menjelaskan bahwa meskipun di tahun 2024 defisit Indonesia hanya sekitar 2,29 persen, namun jumlah rupiahnya juga hanya sekitar Rp 522 triliun.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *