Menkumham Yasonna Laoly Berikan Pesan Ini untuk Napi yang Dapat Remisi HUT ke-78 RI

Tak Berkategori

Losergeek.org.CO, Jakarta – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) memberikan remisi kepada 175.510 narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI. Dari total tersebut, sebanyak 2.606 narapidana mendapatkan remisi umum II atau langsung bebas. 

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengucapkan selamat dan berpesan agar seluruh narapidana yang mendapat remisi langsung bebas dapat berprilaku baik dan tidak kembali menjadi warga binaan. 

“Bagi saudara-saudara yang akan keluar pada hari ini setelah mendapat remisi, selamat bertemu kepada orang tua dan jangan kembali menjadi warga binaan untuk kami bina kembali,” kata Yasonna pada pidatonya di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Kamis 17 Agustus 2023. 

Sementara untuk warga binaan yang masih menjalani masa hukuman setelah mendapat remisi, Yasonna pun mengingatkan agar tetap berperilaku baik agar terus bisa mendapatkan remisi. 

“Kepada anak-anak saya warga binaan Pemasyarakatan di seluruh Indonesia, kamu jaga dirimu baik-baik, kamu ikuti peraturan pembinaan di lapas agar kamu memperoleh reward,” kata Yasonna. 

Yasonna hadir dalam upacara pengibaran bendera merah putih peringatan HUT ke-78 RI di Kemenkumham dengan menggunakan baju adat Buton, Sulawesi Selatan, serta kalung Kaniib Ng Bayan pemberian Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte. 

Iklan

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard SP Silitonga mengatakan, dari total narapidana yang mendapatkan remisi tersebut, sebanyak 2.606 orang mendapatkan remisi umum II atau langsung bebas, sementara 172.904 orang mendapatkan remisi umum I atau pengurangan sebagian. 

“Dalam hari kemerdekaan ini kami telah memberikan remisi umum kepada 175.510 orang warga binaan,” kata Reynhard dalam konferensi pers di Gedung Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Kamis 17 Agustus 2023. 

Reynhard menjelaskan, dari total remisi itu yang mendapatkan remisi bagi narapidana tindak pidana tertentu sebanyak 89.940 orang sementara tindak pidana umum sebanyak 85.570 orang. 

“Tiga wilayah dengan jumlah penerima remisi umum I dan remisi umum II terbesar yaitu Sumatera Utara, Jawa Timur dan Jawa Barat,” kata Reynhard.

Pilihan Editor: Bingung Disebut Sebagai Lurah, Jokowi: Saya Presiden RI



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *