Ginjal Babi Ditransplantasikan ke Pasien Mati Otak

Tak Berkategori

Kamis, 17 Agustus 2023 – 12:07 WIB

VIVA Tekno – Ginjal dari babi membuat ‘fungsi ginjal yang menopang kehidupan’ setelah ditransplantasikan ke pasien yang mati otak, menurut temuan para peneliti.

Baca Juga :

Zaidul Akbar Ungkap Menangis yang Bisa Sehatkan Jasmani dan Rohani

Organ tersebut pertama kali ditransplantasikan dari babi yang dimodifikasi secara genetik ke manusia pada tahun 2022, dan para ilmuwan telah melangkah lebih jauh dengan menunjukkan bahwa itu dapat mendukung fungsi ginjal seseorang selama seminggu.

Perkembangan tersebut menjanjikan transplantasi dari satu spesies ke spesies lain, yang dikenal sebagai xenotransplantasi, sebagai terapi yang berpotensi menyembuhkan penyakit ginjal stadium akhir, kata para peneliti.

Baca Juga :

Suka Konsumsi Obat Pelangsing Herbal, Hati-Hati Bisa Rusak Kinerja Ginjal!

Mereka menambahkan bahwa hal itu juga mengatasi krisis kritis kekurangan organ ginjal di seluruh dunia, mengutip dari situs Metro, Kamis, 17 Agustus 2023.

Ilmuwan ahli bedah transplantasi University of Alabama di Birmingham (UAB), Jayme Locke adalah direktur Institut Transplantasi Komprehensif universitas di Sekolah Kedokteran Marnix E Heersink dan penulis utama makalah ini.

Baca Juga :

Mengenali Gejala Batu Ginjal: Tanda-tanda Awal dan Tindakan yang Diperlukan

Ilustrasi penyakit ginjal/sakit pinggang.

“Sungguh luar biasa melihat demonstrasi pra-klinis pertama bahwa ginjal babi yang dimodifikasi dengan tepat dapat memberikan fungsi ginjal normal yang menopang kehidupan pada manusia dengan aman dan dicapai dengan menggunakan rejimen imunosupresi standar,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Peneliti dapat mengumpulkan keamanan tambahan dan informasi ilmiah penting untuk upaya mendapatkan persetujuan BPOM/FDA (Food and Drug Administration) dari uji klinis Fase I pada manusia hidup.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *