5 Manfaat Duduk Tegak untuk Kesehatan yang Kerap Diabaikan

Tak Berkategori

CANTIKA.COM, Jakarta –  Tahukah Sahabat Cantika, posisi duduk tegak memiliki beragam manfaat. Sementara dalam kehidupan sehari-hari, seperti bekerja di depan komputer, menonton televisi, atau berkendara, posisi duduk yang benar sering kali diabaikan. 

Lantas, apa saja manfaat duduk tegak?

1. Menjaga tulang belakang dalam posisi yang tepat

Mengutip Healthline, duduk tegak membantu menjaga tulang belakang dalam posisi yang tepat. Posisi duduk yang buruk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang dan ligamen, yang dapat mengakibatkan nyeri punggung, masalah diskus intervertebralis, dan bahkan postur tubuh yang memburuk dalam jangka panjang. Dengan duduk tegak, tulang belakang mendapatkan dukungan yang sesuai dan mengurangi risiko cedera atau masalah tulang belakang.

Duduk tegak juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Posisi duduk yang tegak mengurangi risiko aliran darah tidak terhambat. Sehingga memberikan oksigen dan nutrisi yang cukup ke otak dan organ tubuh lainnya. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan produktivitas secara keseluruhan.

3. Meningkatkan kualitas oksigen yang didapatkan tubuh

Posisi duduk yang baik meningkatkan kualitas oksigen yang didapatkan tubuh. Dikutip dari Live Science, tubuh memiliki ruang yang lebih besar untuk ekspansi paru-paru saat duduk tegak, sehingga mendukung suplai oksigen yang cukup ke seluruh tubuh. Pernapasan yang baik dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan energi, dan menjaga fungsi sistem pernapasan.

4. Mencegah ketegangan otot

Duduk dalam posisi yang benar membantu mencegah ketegangan otot. Saat duduk tegak, beban berat tubuh ditopang di antara otot-otot yang berbeda. Ini membantu menghindari ketegangan otot yang dapat menyebabkan nyeri dan kelelahan.

5. Membangun postur tubuh yang baik

Duduk tegak secara konsisten dapat membantu membangun postur tubuh yang baik. Postur yang baik tidak hanya memberikan penampilan yang lebih baik, tetapi juga dapat mengurangi risiko cedera, meredakan nyeri kronis, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Pilihan Editor: Kebiasaan Duduk Anak yang Berisiko Bikin Kaki Berbentuk X

NOVITA ANDRIAN | NURHADI | HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *