4 Strategi PAN Majukan UMKM Guna Tingkatkan Perekonomian

Tak Berkategori

Minggu, 20 Agustus 2023 – 08:32 WIB

Jakarta – Salah satu fokus Partai Amanat Nasional (PAN) dalam menyejahterakan masyarakat adalah dengan meningkatkan perekonomian. Upaya yang ditempuh PAN adalah dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Baca Juga :

Ratusan Pelaku UMKM di Bekasi Ikuti Penyuluhan Sertifikasi Halal dan Penerbitan NIB

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Jember, Abdus Salam Alamsyah mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM. Oleh sebab itu PAN menghadirkan beragam program untuk memajukan UMKM.

“Saya sudah memantapkan diri untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui PAN bisa memperjuangkan khususnya pelaku UKM untuk meningkatkan perekonomian di berbagai wilayah,” kata Abdus dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 20 Agustus 2023.

Baca Juga :

Serap Aspirasi Warga Jakarta, PAN Bantu Penanganan Air Bersih

Ilustrasi produk UMKM.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Salah satu upayanya dengan menghadirkan sinergi empat pilar UMKM yang digagas oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan. Melalui empat pilar tersebut, sejumlah tantangan yang kerap dihadapi UMKM dapat dibantu.

Baca Juga :

Ingatkan Publik Hati-hati Pilih Pemimpin 2024, Jokowi Tegaskan Bisa Bikin RI Masuk Jebakan

Pilar pertama mendorong UMKM menjadi terbuka terhadap perubahan, inovatif dan punya kemauan berkembang melalui berbagai pelatihan. Pilar kedua adalah membuka sinergi antara lokapasar (marketplace) dengan UMKM. 

Pilar ketiga, membangun kemitraan ritel modern dengan agar produk UMKM dapat masuk. Pilar keempat, membantu pemberian akses lembaga pembiayaan atau perbankan kepada pelaku UMKM.

Halaman Selanjutnya

Tujuan utama dari semua langkah tersebut adalah stimulus agar UMKM dapat berkembang dan menyerap tenaga kerja. Dengan begitu, UMKM dapat berkontribusi secara optimal bagi perputaran ekonomi di daerah.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *