Wacana Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta, Simak Aturan-aturannya : Okezone Otomotif

JAKARTA – Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ) yang telah ditandatangani Presiden Jokowi, selain mengatur perubahan status Jakarta, juga mengatur mengenai pembatasan usia kendaraan yang boleh beroperasi di wilayah ini.

Dalam UU UU No 2 Tahun 2024 pasal 24 ayat 2 huruf g, disebutkan bahwa ada kewenangan untuk melakukan pembatasan usia dan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor perseorangan. Aturan itu masuk dalam kewenangan khusus dalam sub bidang lalu lintas dan angkutan jalan.

Pembatasan usia kendaraan sebenarnya sudah dicanangkan melalui Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Disebutkan bahwa kendaraan di atas 10 tahun dilarang melintasi Jakarta.

Namun, hal tersebut belum bisa diterapkan pada saat itu karena belum ada undang-undang yang mengatur. Tetapi, kini rencana itu kembali menjadi perbincangan, terutama setelah kondisi jalan di Jakarta semakin padat dan polusi semakin memburuk.

Salah satu negara yang telah menerapkan aturan pembatasan usia kendaraan adalah Singapura. Ini diatur melalui Certificate of Entitlemeng (COE) yang menunjukkan kepemilikan kendaraan dan batas waktu penggunaannya selama 10 tahun.



Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kendati begitu, peraturan ini masih membutuhkan kajian mendalam dan diskusi dengan berbagai pihak. Tujuannya adalah agar tepat sasaran dan tidak memberikan dampak besar pada beberapa sektor lain.

Sebagai informasi, saat ini salah satu penyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) tertinggi di Jakarta adalah pajak kendaraan bermotor. Apabila aturan pembatasan usia berlaku, maka berpengaruh pada pendapatan daerah Jakarta.

Baca Juga  Wapres: Bangsa Indonesia Paling Banyak Jadi Penduduk Surga : Okezone Nasional

Meski begitu, pemerindah daerah menyadari tujuan dari pembatasan kendaraan pribadi yaitu agar terciptanya satu lingkungan yang lebih baik. Terutama untuk kondisi udara dan kepadatan lalu lintas.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *