Viral Gen Z Antre Lamar Kerja di Warung Seblak, Bukti Upah Industri Rendah : Okezone Economy

JAKARTA – Viral sebuah video menampilkan ratusan pria dan wanita didominasi Generasi Z antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak. Fenomena dipandang menjadi krisis keterbukaan lapangan kerja yang menjangkiti usia angkatan kerja Indonesia dewasa ini.

Senior Ekonom Indef Tauhid Ahmad menjelaskan, fenomena berbondong-bondongnya Gen Z melamar pekerjaan di warung seblak daerah Ciamis, Jawa Barat tersebut, lantaran perpindahan industri ke daerah yang lebih murah menerapkan upah minimum bagi pekerjanya.

“Kondisi ini diakibatkan oleh industri-industri yang berpindah ke daerah yang menetapkan upah yang lebih rendah,” ujar Tauhid, Sabtu (25/5/2024).

Menurutnya, implikasi perpindahan industri tersebut mengakibatkan daerah yang memiliki kepadatan tenaga kerja, tidak mampu memenuhi permintaan kebutuhan lapangan kerja.

“Tingkat upah yang lebih tinggi dalam suatu daerah, mengakibatkan industri lebih memilih mencari labour cost yang lebih murah. Seperti di Jawa Barat tadi, industri yang ada disana kebanyakan berpindah ke Jawa Tengah,” tutur Tauhid.

Terlebih, Tauhid memandang ketersediaan angkatan kerja yang melimpah di daerah, memiliki tantangan kompetisi dalam hal kualifikasi keahlian dan pendidikan. Maka situasi tersebut mengakibatkan usia angkatan kerja yang ada bersaing di sektor informal dan produksi jasa di daerah.

“Jadi kualifikasi tenaga kerja kita di daerah, tidak bisa memenuhi kebutuhan industri karena bersaing dengan tenaga kerja di kota-kota besar yang cenderung memiliki sistem pendidikan yang lebih baik,” ungkap Tauhid.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  MKD Awards Beri Apresiasi Anggota DPR Berkinerja Baik : Okezone News

Untuk diketahui, Video viral ratusan orang menggeruduk untuk melamar kerja di sebuah warung seblak viral di media sosial. Antrean pelamar kerja itu ditengarai berlokasi di kawasan Ciamis, Jawa Barat.

Dalam video viral yang diunggah akun Instagram @undercover.id menampilkan suasana para pelamar kerja berdiri berjejer untuk membawa berkas lamaran. Saking banyaknya, mereka sampai memadati area jalanan di kawasan pertokoan.

“Pelamar kerja di sebuah warung seblak terlihat membludak memadati area jalanan,” tulis keterangan unggahan video tersebut dikutip Rabu (22/5/2024).

Para pelamar didominasi generasi muda baik laki-laki maupun perempuan ini terlihat membawa map cokelat berisi berkas lamaran maupun ijazah. Mereka yang sudah masuk dalam ruangan tampak duduk berkelompok untuk mengisi berkas sebagai salah satu syarat lamaran pada lowongan pekerjaan (loker) tersebut.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *