Susu Kambing Vs Susu Sapi, Mana yang Lebih Sehat? : Okezone health

SUSU sapi menjadi salah satu minuman populer di seluruh dunia. Banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk mengonsumsi susu sapi dibanding dengan susu kambing. Padahal, susu kambing memiliki nutrisi yang baik dan tak kalah dibandingkan susu sapi lho.

Susu kambing mudah dicerna dan lebih cocok terhadap orang yang sensitif laktosa. Selain itu, susu kambing adalah makanan paling lengkap yang diketahui. Susu kambing mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh.

Untuk mengetahui keunggulan susu kambing secara jelas, simaklah rangkuman informasi dai Times of India, Selasa (30/1/2024) berikut ini:

1. Memiliki efek anti inflamasi

Asam lemak dan oligosakarida, dua zat bioaktif yang ditemukan dalam susu kambing, mungkin memiliki efek anti-inflamasi. Zat-zat ini dapat membantu menurunkan peradangan tubuh dan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh secara umum.

2. Lebih banyak probiotik

Cara lain susu kambing mengalahkan susu sapi adalah mengandung lebih banyak karbohidrat “prebiotik” yang mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam flora usus. Gula ini disebut sebagai oligosakarida.

Karbohidrat ini, yang merupakan jenis yang sama yang ditemukan dalam ASI manusia, adalah apa yang menjaga bakteri “baik” dalam sistem pencernaan bayi tetap sehat.

3. Baik untuk pencernaan

Susu kambing memiliki kandungan lemak yang mirip dengan susu sapi, tetapi karena gumpalan lemak dalam susu kambing lebih kecil daripada susu sapi, lebih mudah dicerna.

Susu kambing menjadi dadih di perut Anda, namun dadih ini lebih lembut daripada dadih yang terbuat dari susu sapi. Dibandingkan dengan susu sapi yang memiliki 10% dadih, susu kambing hanya mengandung 2 persen dadih yang membantu pencernaan tubuh dan menyebabkan iritasi lebih sedikit.

Baca Juga  Sarung Batik Diprediksi Jadi Tren Baju Lebaran Baru di 2024 : Okezone Lifestyle

4. Menyerap mineral lebih efektif

Susu kambing mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium yang dianggap lebih tersedia secara hayati daripada yang ditemukan dalam susu sapi. Ini meningkatkan kesehatan tulang dan penyerapan nutrisi secara keseluruhan dengan memungkinkan tubuh untuk menyerap dan menggunakan mineral ini secara lebih efektif.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Pilihan untuk laktosa intoleran

Namun, susu kambing memiliki sekitar 12 persen lebih sedikit laktosa per cangkir daripada susu sapi, dan bahkan lebih sedikit laktosa ketika dikultur menjadi yogurt. Oleh karena itu, produk susu susu kambing mungkin kurang mengiritasi sistem pencernaan daripada susu sapi bagi mereka yang memiliki sensitivitas laktosa sedang.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *