Pulau di Australia Ini Banyak Dihuni Keturunan Indonesia, Kok Bisa? : Okezone Travel

ORANG Indonesia banyak tersebar di berbagai negara di dunia, termasuk di Australia. Namun siapa sangka jika di negara itu terdapat sebuah pulau yang ternyata banyak dihuni oleh orang keturunan Indonesia mirip di Suriname. Lho, kok bisa?

Adalah Cocos Keeling Islands, merupakan pulau yang masuk wilayah Australia namun mungkin namanya kurang familiar di telinga. Namun pulau satu ini justru menyimpan kekayaan budaya dan alam yang indah.

Pulau ini ialah daerah yang terletak sekitar 1.000 km dari Jakarta, tepatnya di sebelah selatan Pulau Jawa di Samudera Hindia, dan 2.800 km dari Perth, Australia.

(Foto: YouTube/Cocos Keeling Islands)

Jauh sebelum merdeka, pulau satu ini dahulu dikuasai oleh negara Inggris dan Sri Lanka. Lalu barulah pada tahun 1955, Cocos Keeling Islands masuk dalam teritori Australia.

Tepat pada tahun 2010 silam, Kepulauan Cocos Keeling Islands dihuni hanya 600 jiwa saja. Negara tersebut terdiri dari dua pulau yang dinamai West Island dan Home Island.

Dua kepulauan tersebut terbagi atas berbagai etnis, di antaranya etnis Eropa di West Island (populasi 120) dan etnis Melayu/Javanese di Home Island (populasi 500).


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pada pulau ini Anda akan dengan mudah menemukan orang Indonesia. Hal itu dikarenakan sejarahnya dulu pulau ini dihuni oleh budak-budak yang berasal dari Jawa, Sabah dan Sarawak.

Oleh karenanya, peninggalan kesenian dan budaya di Cocos Keeling Islands memiliki beberapa kemiripan.

Baca Juga  Warga Cempaka Baru Minta Caleg Perindo Sering-Sering Gelar Bazar Murah: Sangat Membantu : Okezone News

Warga Cocos Keeling Islands

(Foto: YouTube/Cocos Keeling Islands) 

Salah satu yang paling mencolok yaitu adanya kesenian wayang kulit dan batik, beberapa lagu bahasa Indonesia serta bahasa yang digunakan adalah Inggris yang bercampur dengan dialek Bahasa Indonesia.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *