Laut Aceh Simpan Harta Karun Migas, Bisa Dukung Target Net Zero Emission : Okezone Economy

JAKARTA – Subholding Gas Pertamina menjajaki komitmen penyediaan pasokan gas dari lapangan migas di wilayah Aceh, dengan mengandeng Conrad Energy Asia Ltd.

Hal ini akan meningkatkan ketersediaan energi bersih sebagai penunjang target pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060.


Potensi gas tersebut berlokasi di tepi laut Wilayah Aceh dan saat ini masih dalam tahap eksplorasi lebih lanjut.

“Kerjasama ini akan bernilai penting bagi kami untuk menjaga ketahanan pasokan gas bumi di berbagai sektor pelanggan. Dengan lokasi potensi sumber gas dari Aceh, artinya kerjasama ini akan memanfaatkan pasokan gas dari dalam negeri untuk berbagai kebutuhan ke depan,” ujar Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (2/3/2024).

Rosa berharap, kerjasama ini dapat berlangsung dengan lancar dan komprehensif agar dapat mencapai kerja sama komersialisasi gas bumi. Dengan demikian, pasokan gas bumi PGN dapat terjaga sekaligus ikut memainkan peran dalam mengisi celah antara sumber pasokan gas domestik dengan konsumen-konsumen gas bumi di berbagai wilayah.

“Kami menyambut kesepakatan dengan Conrad dengan baik untuk kemudian dapat diteruskan pada rencana implementasi. Tentunya atas dukungan yang besar dari Pemerintah Aceh. Ke depan, dengan target pemerintah terkait Net Zero Emission di 2060, gas memiliki peranan yang penting.” ujar Rosa.

Rosa menambahkan, tidak terbatas untuk keperluan pemenuhan pasokan gas, kerja sama ini dapat berkenaan dengan pengembangan infrastruktur gas pipa maupun LNG beserta kegiatan pemeliharaan fasilitas gasnya.

“Dengan pentingnya nilai kerja sama ini bagi PGN, maka dukungan dari pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Aceh sangat berarti dan kami juga sangat berterima kasih telah dibukakan pintu di Aceh,” ucap Rosa.

Baca Juga  Ganjar Pranowo Tampil Santai di Malam Puncak Kilau Raya MNCTV 32 : Okezone Celebrity



Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, Menurut Managing Director& CEO Conrad Miltos Xynogalas kerjasama dengan PGN ini sangat penting untuk dapat menyalurkan gas bumi ke pasar dengan tepat.

“Kami juga ambisius untuk menyalurkan energi yang lebih bersih. Kami percaya, transisi energi membutuhkan gas di mana gas merupakan energi fosil yang paling bersih dan dapat berperan besar menuju Net Zero Emission,” ujar Miltos.

Diketahui, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina dan Conrad Energy Asia Ltd. menandatangani komitmen penyediaan pasokan gas/ LNG dan pengembangan infrastruktur gas/LNG.

Kerjasama antara PGN dan Conrad dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MOU) yang ditandatangani oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari dan Managing Director& CEO Conrad Miltos Xynogalas pada Kamis (29/2/2024) di Kantor PGN, Jakarta.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *