Kapan Tol Jakarta-Cikampek Bebas Macet? : Okezone Economy

JAKARTA – Pembangunan Tol Japek II diupayakan dan menjadi solusi keluhan masyarakat dari kemacetan ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Pembangunan tersebut direncanakan bagi kendaraan mobil yang dari Jalan Tol Cipularang tidak perlu melalui Tol Japek untuk memasuki wilayah Jakarta.

“Targetnya tahun depan lah rampung (seksi II dan seksi III Japek II Selatan), cuma itu pembebasan tanahnya kita tergantung pembebasan tanahnya di situ, kan padat daerah situ,” ujar Endra setelah menghadiri acara halal bihalal di Kantor Kementerian PUPR.



Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra S Atmawidjaja, menjelaskan bahwa kedepannya bagi kendaraan yang mengarah ke Jakarta tidak perlu melewati Japek, sehingga bisa langsung melalui Japek II Selatan. Bagi kendaraan yang datang dari arah Tol Cipularang bisa langsung melewati tol Japek II Selatan yang berada di KM 76 ruas tol Cipularang. Lalu, bisa meneruskan ke tol Cibitung – Cilincing sebelum mengarah ke JORR 2.

“Itu yang Japek II Selatan kan targetnya nanti menghubungkan jalur Cipularang, pertama dia memecah trafik yang di Cikampek, itu disodet dari Sadang sampai ke JORR II nanti, JORR II dari Cibitung-Cilincing,” jelas Endra.

Endra juga menyatakan bahwa tol Japek sudah cukup memikul beban karena arus kendaraan dari tol baru lainnya terus melewati tol Japek sehingga memicu kemacetan yang beruntun. Seperti kendaraan yang dari arah tol Cimanggis – Cibitung hingga saat ini juga pada ujungnya keluar melalui tol Japek.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  5 Mall terbaik di kota Jakarta Selatan 2023

“Karena ini bebannya berat banget, kita lihat tuh VCR (tol Japek) kan udah berat itu. Tidak bisa kita hanya menggantungkan pada Cikampek dan Elevated (MBZ) saja,” ujarnya.

Pembangunan Japek II Selatan yang akan mendatang diharapkan berhasil membagi arus perputaran kendaraan yang menuju Jakarta. Selain itu, juga dapat menjadi jalur alternatif bagi kendaraan di tol Japek.

Baca Selengkapnya: Tol Jakarta-Cikampek Ditargetkan Bebas Macet Tahun Depan

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *