Erupsi Gunung Marapi, Hujan Abu Vulkanik Bikin Warga Sesak Napas : Okezone News

AGAM – Erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat masih terus berlanjut. Aktivitas erupsi pun meningkat, bahkan sepanjang Rabu (6/3/2024) terjadi hembusan terbanyak dalam sehari.

Enam kali letusan dan 161 kali hembusan abu vulkanik sepanjang Rabu mengakibatkan hujan abu hingga warga dalam radius 12 kilometer dari kawah Gunung Marapi mengalami sesak napas.

Peningkatan aktivitas gunung berketinggian 2.891 meter d iatas permukaan laut ini berdampak pada hujan abu melanda Kecamatan Candung di Kabupaten Agam.

Warga terpaksa berulang kali membasahi jalanan untuk mengurangi abu yang berterbangan.

Selain di jalanan, hujan abu juga menempel di mobil dan atap rumah warga.

Kari Mudo, warga Lasi, Kecamatan Candung mengatakan, mereka terpaksa menyiram jalanan dan membersihkan abu letusan Gunung Marapi setiap jam.

“Hujan abu ini sejak hari Minggu, tapi yang parahnya dua hari ini, Selasa dan hari ini. Kalau tidak pakai masker sesak napas. Rasa-rasa sariawan, sakit tenggorokan,” ujarnya.




Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara, Pos Pengamat Gunung Api Marapi (PGA) PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM di belakang balok, Kota Bukittinggi mencatat sepanjang Rabu hingga pukul 18.:00 WIB, Gunung Marapi mengalami enam kali letusan dengan tinggi 500 hingga 700 meter di atas kawah di puncak gunung.

Sementara hembusan terus menerus tercatat telah terjadi sebanyak 161 kali. Hembusan pada Rabu 6 Maret 2024 tercatat merupakan hembusan terbanyak dalam sehari.

Baca Juga  Daftar Produk Teknologi Israel yang Masih Digunakan di Indonesia : Okezone Economy

Saat ini, Gunung Marapi berstatus Siaga atau berada pada level tiga. Warga dilarang masuk dan beraktivitas dalam radius 4,5 kilometer dari kawah.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *