Dokter Erlina Beri Tips Lindungi Anak dari Polusi Udara Selama Sekolah : Okezone health

POLUSI udara di Jakarta terus menjadi sorotan masyarakat. Saat ini, kondisi udara Ibu Kota juga terbilang masih belum membaik. Bahkan, berbagai jenis penyakit atau masalah kesehatan gara-gara polusi udara mulai banyak bermunculan.

Menanggapi hal ini, Dokter Spesialis Paru, dr. Erlina Burhan kembali mengingatkan masyarakat tidak boleh lengah dengan kondisi udara di Jakarta yang kian memburuk. Khususnya bagi anak-anak sekolah yang menjadi kelompok rentan.

Meski pemberitaan kasus polusi udara tidak seheboh beberapa waktu lalu, menurutnya, hal ini bukan berarti membuat masyarakat lengah dan menyepelekan buruknya kondisi polusi udara di Jakarta.

“Untuk para orang tua yang memiliki anak sekolah, saya sampaikan, polusi udara masih ada. Oleh karena itu lakukanlah langkah antisipasi,” ujar dr.Erlina, melalui cuitan di akun X-nya, @erlinaburhan, Kamis, (21/9/2023).

Dokter Erlina lantas kembali mengingatkan para orangtua agar anak-anak mereka tetap menggunakan masker saat beraktivitas, khususnya saat berangkat ke sekolah.

“Berikut saya share antisipasi yang bisa orang tua lakukan untuk melindungi anak dari dampak polusi udara. Saya sarankan untuk orang tua agar menganjurkan anak memakai masker sepanjang jalan saat berangkat sekolah,” tuturnya.

Bahkan, Dokter Erlina juga berharap agar pihak sekolah sudah berinisiatif menyediakan filter udara atau air purifier agar kualitas udara di sekitar lingkungan sekolah bisa terjaga dari polusi udara. Apalagi, di ruangan-ruangan sekolah yang memiliki AC.

“Mudah-mudahakan pihak sekolah juga sudah memikirkan untuk menyediakan filter udara atau air purifier,” tuturnya.

“Jadi menghidupkan AC tapi juga memakai filter udara supaya anak-anak yang biasanya berada di dalam kelas selama 4-6 jam bisa terhindar dari menghirup polutan yang berbahaya,” tuturnya.


Follow Berita Okezone di Google News

Baca Juga  Kenapa Pancasila Dijadikan sebagai Dasar Negara Indonesia? Ini Penjelasannya : Okezone Edukasi


Dalam hal ini, dr.Erlina lantas meminta para orangtua agar bisa berkomunikasi dengan pihak sekolah untuk menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman bagi anak-anak mereka selama di sekolah.

“Untuk melindungi anak-anak kita, orang tua bisa komunikasikan kepada guru dan kepala sekolah untuk menciptakan suasana yang kondusif di dalam kelas ya,” katanya.

Orangtua juga diharapkan bisa tetap aware untuk terus memberikan nutrisi yang terbaik untuk anak-anak mereka. Hal tersebut menurutnya penting agar imunitas anak-anak bisa tetap terjaga di tengah kondisi udara Jakarta yang kian memburuk.

“Selain itu orang tua juga harus menjaga nutrisi anak agar dapat meningkatkan imunitas, batasi aktivitas di luar ruangan, sebagai gantinya orang tua bisa menemani anak beraktivitas di dalam ruangan,” katanya.

“Prinsipnya biasakanlah memeriksa kualitas udara sebelum melakukan aktivitas. Sehingga bisa menghindari area sumber polusi yang tinggi. Biasakan juga pakai masker dan hidup bersih. Lalu segera konsultasikan ke dokter jika Anda dan anak ada keluhan pernapasan,” ujarnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *