Ditemukan 3 Galaksi Tertua di Alam Semesta : Okezone Edukasi

JAKARTA – Seorang astronom mengungkapkan hasil temuan baru berupa tiga galaksi tertua di alam semesta melalui pengamatan James Webb Space Telescope (JWST).

Melansir dari Instagram Resmi Bosscha Observatory, Sabtu (25/5/2024), ketiga galaksi tersebut diketahui berusia 400 hingga 600 juta tahun. Ketiga galaksi tersebut diselubungi oleh gas helium dan hidrogen yang merupakan gas primordial di alam semesta.

Kumpulan gas tersebut menjadi komponen materi pembentuk gugusan bintang dalam galaksi. Hal ini menandakan bahwa ketiga galaksi tersebut sedang dalam proses pembentukan yang aktif.

Penemuan fenomenal ini didapatkan melalui teleskop luar angkasa milik JWST. Teleskop tersebut memiliki fitur instrumen inframerah yang mampu menembus kabut gas yang tebal.

Dalam kutipannya, Bosscha Observatory juga melampirkan potret galaksi. Mereka menjelaskan bahwa penampakan galaksi tersebut berbeda dengan galaksi pada umumnya.

Galaksi primordial tampak seperti “berinteraksi” atau “terhubung” dengan ruang semesta di sekelilingnya dan menarik atom-atom hidrogen netral.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, hal yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah galaksi yang berusia lebih dari 13 miliar tahun terbentuk pada saat alam semesta mengalami era reionisasi. Reionisasi merupakan tahap dimana kumpulan gas masih bersifat buram. Kemudian gugusan bintang terbentuk dan mengionisasi gas antarbintang.

Proses tersebut menjadikan alam semesta sepenuhnya transparan atau bersih pada saat telah berusia 1 miliar tahun.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *