Daftar Proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang Tak Dilanjutkan : Okezone Economy

JAKARTA – Daftar proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang tidak dilanjutkan. Memasuki akhir 2023, pemerintah mengejar penyelesaian pembangunan proyek strategis nasional (PSN) serta melakukan kajian terhadap terhadap proyek yang belum dikerjakan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memutuskan untuk tidak melanjutkan beberapa proyek strategi nasional. Salah satunya sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Alasannya, proyek yang dihentikan itu lantaran belum dimulai pekerjaannya hingga pendanaannya belum dicairkan.

“Ada beberapa proyek dihentikan karena belum dimulai dan belum ada dikeluarkan (dana dari) APBN,” ujar Airlangga melalui keterangan pers, Rabu (8/11/2023).

Adapun beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang dihentikan meliputi Tol Rantau – Parapat – Kisaran, Tol Langsa – Lhokseumawe, Tol Lhokseumawe – Sigli, dan Tol Dumai – Sigambal – Rantau.

Merespons hal tersebut, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo mengungkapkan, pihaknya mengikuti arahan prioritas pemerintah dan berfokus pada percepatan penyelesaian JTTS Tahap I dan II.


Follow Berita Okezone di Google News


Menurutnya, dasar pelaksanaan PSN adalah Permenko, yang secara berkala akan terus diperbarui. Adapun sesuai Perpres No. 131 Tahun 2022 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera, ruas-ruas tersebut masuk ke dalam pembangunan ruas JTTS Tahap III dan IV.

“Adapun detail kelanjutan pembangunannya menunggu kesepakatan dengan pemerintah,” ungkapnya.

Hutama Karya sendiri fokus terhadap penyelesaian JTTS Tahap I sepanjang 965 kilometer (km) dengan target penyelesaian pada semester I tahun 2024.

Perusahaan juga mengebut pengerjaan JTTS dengan menyelesaikan JTTS tahap II, di antaranya ruas tol Betung – Tempino – Jambi Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino (34 km) dengan skema Dukungan Konstruksi (Dukon), dan Tol Lingkar Pekanbaru (30,5 km).

Baca Juga  5 Corporate Events yang Cocok untuk Membangun Relasi : Okezone Travel

Jika diakumulasikan, jalan tol garapan Hutama Karya yang akan terhubung mencapai sebesar 1.030 km. Sejumlah strategi percepatan juga dilakukan Hutama Karya untuk menyelesaikan pembangunan JTTS.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *