Bersumpah Pakai Nama Allah dan Rasul, SYL Respons Pembelian Durian Puluhan Juta : Okezone Nasional

JAKARTA – Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) merespons soal disebutkannya permintaan durian yang dikirimkan ke rumah dinasnya di Widya Chandra dengan nilai puluhan juta.

SYL menyebutkan, di keluarganya hanya dia seorang yang doyan durian. Hal tersebut ia sampaikan saat Majelis Hakim memberikannya kesempatan untuk menanggapi pernyataan saksi di ruang sidang.

“Saya punya keluarga itu istri, anak, cucu tidak suka durian, bahkan gak boleh masuk di rumah. Saya kira ini perlu saya sampaikan,” kata SYL di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/5/2024).

“Yang makan durian cuma saya, demi Allah-Rasulullah,” sambungnya menegaskan.

Dengan jumlah durian yang disebutkan mencapai Rp20-40 juta itu, SYL mengaku heran bagaimana ia bisa menghabiskan durian tersebut.

“Oleh karena itu kalau durian dengan jumlah seperti ini saya terheran-heran saja,” ujar SYL.

Sebelumnya, Mantan Sekretaris Badan Karantina Kementerian Pertanian (Kementan), Wisnu Haryana menyatakan pihaknya sering diminta untuk mengirim durian Musang King ke rumah dinas (Rumdin) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Widya Chandra. Nilainya bervariasi, antara Rp22-46 juta.

Hal itu Wisnu sampaikan saat menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di lingkungan Kementan dengan terdakwa SYL dan dua anak buahnya.

“Pernah tidak memberikan atau membelikan uang yang digunakan untuk pembelian durian?,” tanya Jaksa di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Senim (20/5/2024).

Pertanyaan Jaksa itu pun dibenarkan oleh Wisnu dan menyebutkan jenis durian yang dikrim berupa Musang King.

“Kalau saya lihat catatan di sini sangat banyak ini terkait durian; Juni, 18 Juni, 22 Juni durian, nilainya Rp20 jutaan sampai Rp40 jutaan?,” tanya Jaksa.

“Iya,” jawab Saksi.

Baca Juga  Cerita Kunto Aji Kelelahan Jadi Linmas TPS: Serasa Manggung 3 Kali dalam 24 Jam! : Okezone Lifestyle

“Ini bagaimana ini? maksudnya gimana?,” tanya Hakim.

“Biasanya kalau durian itu info dari Panji (eks ajusan SYL) juga, dari Panji, bisa langsung ke saya atau melalui Kepala Badan. Jadi nanti kalau melalui Kepada Badan, Kepala Badan menyampaikan ke saya bahwa ini minta kebutuhan durian untuk dikirim ke Wichan (rumdin Widya Chandra),” jawab Saksi.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jaksa kemudian membacakan sejumlah pengiriman durian itu yang dilakukan dalam kurun waktu Februari 2021-Desember 2022.

“Ini kan nilainya ini kalau saya lihat ya, puluhan juta semua. Saksi waktu itu dapat laporan tidak seberapa banyak ini kok, sebentar ya saya akan coba sampel 19 Februari durian Rp21 juta, 18 Juni durian Rp22 juta, 22 Juni durian Rp46 juta, 6 Agustus 2021 ya durian Rp30 juta, 31 Agustus durian Rp27 juta, 30 November durian Rp18 juta. Terus ini saya lihat, di 2022 ada lagi, durian 19 Oktober 2022 Rp25 juta, 13 Desember dan seterusnya ya, tidak perlu saya bacakan lagi. Kenapa menjadi concern, pertanyaan saya karena ini nilai yg banyak dan rutin, itu seperti apa waktu itu ceritanya?,” tanya Jaksa.

“Memang itu selalu permintaan, Pak, selalu permintaan yang disampaikan ke Karantina untuk memenuhi dan sekali kami mengirim memang mungkin paling sedikit enam kotak,” jawab Saksi.

Baca Juga  Tempat gadai barang di Jakarta Selatan 2023.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *