Bergerak ke Patung Kuda, Massa Buruh Wanita Long March dari Jalan MH Thamrin : Okezone Nasional

 

JAKARTA – Ribuan buruh dari berbagai aliansi mulai bergerak menuju beberapa titik di Jakarta, seperti di Patung Kuda sampai Istana Negara.

Pantauan di lokasi, massa buruh dari Aksi Perempuan Indonesia mulai bergerak sejak Pukul 08.50 WIB dengan membawa sebuah mobil bak terbuka, dengan dipimpin oleh salah satu orator dipimpin oleh salah seorang perempuan.

Dalam unjuk rasa tersebut, Aksi Perempuan Indonesia menuntut sejumlah tuntutan terhadap pemerintah yakni menuntut pemerintah hentikan eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA), buruh, perempuan dan rakyat.

Selain itu, mereka juga menuntut kenaikan upah, kurangi jam kerja, sahkan RUU PPRT, lawan kekerasan, pelecehan dan diskriminasi.

Tak hanya itu, Aksi Perempuan Indonesia ini juga menuntut sejumlah tuntutan lainnya berupa kerja layak untuk PRT hingga kekerasan berbasis gender yang terpampang melalui poster-poster yang dibawa massa.

Meski buruh mulai bergerak, kondisi lalu lintas di Jalan MH Thamrin sejauh ini masih normal dan dilalui kendaraan beroda empat maupun beroda dua.

Terlihat di sepanjang Jalan MH Thamrin polisi sudah disiagakan berjaga di titik untuk mengawal aksi unjuk rasa buruh.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan, May Day 2024 akan diselenggarakan di ratusan kota industri di seluruh Indonesia.

“Sebanyak 200 ribu orang lebih akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain sebagainya,” kata Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa 30 April 2024.

Baca Juga  Kulit Sehat dan Cantik dengan 5 Makanan Serba Ungu Ini : Okezone Lifestyle

Untuk di Jakarta, aksi akan dipusatkan di Istana Negara jam 09.30 – 12.30 WIB. Said Iqbal mengklaim sebanyak 50 ribu peserta aksi May Day di Istana akan bergerak ke Stadion Madya Senayan, merayakan May Day Fiesta.

Said Iqbal menjelaskan, ada dua tuntutan utama yang diserukan oleh peserta May Day 2024 di seluruh Indonesia, yaitu: Cabut Ombivus Law UU Cipta Kerja dan HOSTUM; Hapus Out Sourcing Tolak Upah Murah.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *