Bazar Ramadhan Hadir di BRI KC Jakarta Otista, Tenant Manfaatkan QRIS untuk Permudah Transaksi : Okezone Lifestyle

BRI Kantor Cabang (KC) Jakarta Otista bersama Jakarta Entrepreneur menggelar acara Bazar Ramadhan selama dua hari, mulai 25-26 Maret 2024. Menariknya, seluruh peserta (tenant) bazar memanfaatkan QRIS BRI untuk mempermudah transaksi.

Acara Bazar Ramadhan berlokasi di area KC Jakarta Otista, Jalan Otista Raya, Nomor 72, Bidara Cina, Jatinegara. Selama dua hari, masyarakat sekitar bisa datang dan membeli produk-produk dari UMKM binaan Jakpreneur Jatinegara. Produk yang dijual mayoritas makanan, selain itu ada sembako, daging murah, bawang putih dan merah dengan harga murah.

“Acaranya digelar dua hari dengan barang yang dijual lebih murah dan menarik. Event seperti ini setiap tahun digelar di masing-masing kelurahan. Kebetulan yang punya tempat di lokasi kami, BRI KC Jakarta Otista. Kami senang dikasih tempat,” tutur Suhartono, Lurah Bidara Cina kepada Okezone.com di lokasi acara, Senin (25/3/2024).

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana UMKM Jatinegara Tarman mengatakan, peserta bazar yang ikut kali ini, sebelumnya mengikuti proses kurasi di kecamatan.

“Pesertanya dikurasi dulu. Semuanya dikurasi. Total pesertanya sekitar 30 orang, di mana fokus ke kuliner saja,” ucapnya.

Acara yang digelar di momen spesial Ramadhan ini, tidak lepas dari dukungan BRI KC Jakarta Otista. Pimpinan Cabang BRI KC Jakarta Otista R Mochamad Yogiprayogi mengaku senang dan mengapresiasi kolaborasi bersama Jakpreneur Jatinegara.

“Perlu saya garisbawahi bahwa BRI singkatannya Bank Rakyat Indonesia. Jadi kalau ngomongin rakyat, ya kami harus dekat dengan rakyat. Beliau-beliau inilah dari kelurahan adalah pengayom-pengayomnya. Otomatis, kolaborasi dari kami itu penting untuk menjaga ketahanan dan sustainabilitas dari masyarakat di sini,” tutur R Mochamad Yogiprayogi kepada Okezone.com di lokasi yang sama.

Yogi sangat menyambut baik dengan kolaborasi di program Bazar Ramadhan kali ini.

“Ketika ada program-program yang dirintis dari Jakpreuner dan lain-lain, kebetulan kami punya tempat, ya ayo kita kolaborasi saja,” ucapnya.

Yogi menambahkan, “Kalau ada masalah di perbankan, kami yang pegang dari permodalan. Bisa melalui KUR, Kumpedes, termasuk misalkan transaksi alat pun. Sudah pasang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) BRI sesuai anjuran Bank Indonesia. Ditekankan transaksi ke depan bisa melalui QRIS.”

Yogi mengatakan bahwa QRIS BRI bahkan bisa dipakai di Singapura. “Selain itu juga, kami punya niat dan tempat. Di acara ini, kita undang juga dari Pajak, Pegadaian untuk meramaikan,” katanya.

Acara ini, kata Yogi, diharapkan bisa dilakukan kontinu dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Bisa kolaborasi, sering-sering. Intinya masalah keuangan, solusinya ada BRI. Insyaallah, kita bisa ada solusi. Soal tempat, saya terbuka,” ujarnya.

Baca Juga  Kisah Mirisnya Fabio Paim, Sosok Pesepakbola Ini Sempat Bikin Cristiano Ronaldo Tak Percaya Diri : Okezone Bola

Yogi berharap, pembeli dari Bazar Ramadhan ini adalah orang-orang yang berhak.

“Tujuan dari pemerintah adalah masalah ketahanan pangan. Sehingga harapannya, produknya bisa habis dan orang yang beli tepat sasaran. Selain itu, ada edukasi untuk teman-teman terkait transaksi pembayaran. QRIS BRI bisa langsung dipakai. Tenant di KC Jakarta Otista sudah banyak yang memanfaatkan QRIS,” ucapnya.

Salah satu pemilik tenant di acara Bazar Ramadhan, Eva Hanifah mengaku senang bisa berpartisipasi di acara ini.

“Alat transaksi untuk pembeli, bisa pakai QRIS BRI. Manfaatnya, belanja jadi lebih cepat dan gampang. Harapan saya ikut acara ini sekaligus mempromosikan produk makanan,” ucap Eva Hanifah, peserta binaan dari Jakpreneur Jatinegara kepada Okezone.com.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Manfaat Menggunakan QRIS untuk Konsumen

Mengutip dari laman Bank BRI, QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019. Berbagai manfaat QRIS bisa langsung dirasakan oleh konsumen atau merchant dalam hal proses pembayaran saat belanja.

QRIS menjadi alat yang merupakan revolusi dari QR code yang berasal dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Adanya sistem pembayaran cashless menggunakan QRIS, tidak semata-mata hanya dibuat untuk memudahkan para pemilik usaha. Konsumen pun akan mendapat keuntungan dari penggunaan pembayaran digital.

Nah, apa saja manfaat QRIS yang bisa langsung dirasakan para konsumen?

1. Transaksi jadi lebih cepat

Alasan Bank Indonesia mengesahkan transaksi QRIS ini karena aksesnya begitu cepat. Manfaat QRIS ini membuat konsumen tidak perlu menunggu lama ketika ingin belanja dengan cepat.

Cara menggunakan QRIS hanya perlu dengan scan barcode menggunakan kamera HP pada QR code yang sudah disediakan oleh merchant.

2. Transaksi Terjamin Keamanannya

Manfaat QRIS bagi konsumen juga untuk menjaga keamanan transaksi. Konsumen tidak perlu takut karena metode pembayaran non tunai ini sudah dijamin keamanannya oleh Bank Indonesia. Transaksi digital QRIS telah diawasi regulator satu pintu dan bagi merchant yang ingin bisa menyediakan QR code perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

3. Bebas Ribet dengan Uang Tunai dan Kembalian

Praktis dan ringkas, inilah manfaat QRIS yang dalam beberapa tahun terakhir ini sudah dirasakan penggunanya. Sesuai dengan fungsinya, QRIS menjadi sistem pembayaran non tunai, membuat konsumen tidak perlu ribet lagi harus membawa uang tunai. Apalagi jika konsumen akan berbelanja dalam jumlah yang cukup banyak.

Baca Juga  Gong Myung dan Kim Doyeon Dirumorkan Pacaran, Agensi Angkat Suara : Okezone Celebrity

Konsumen juga tidak akan dipersulit harus menunggu uang kembalian. Usai scan QRIS, konsumen hanya perlu mengetik jumlah uang akan dikirimkan ke penjual atau merchant. Tidak ada lagi uang kembalian yang harus diterima.

Manfaat Menggunakan QRIS untuk Merchant

Selain manfaat QRIS bagi konsumen, ada juga manfaat yang dirasakan oleh merchant. Supaya merchant bisa menyediakan sistem pembayaran QRIS, maka terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke BRI untuk bisa bekerjasama.

Apabila telah disetujui, maka beberapa manfaat ini bisa langsung didapatkan.

1. Transaksi Cepat dan Mudah

Sama halnya dengan konsumen, merchant juga merasakan betapa cepat dan mudahnya menyediakan transaksi dengan QRIS. Merchant tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian karena dana akan langsung masuk ke rekening.

Saat transaksi belanja berlangsung, pemilik merchant hanya perlu memastikan bahwa jumlah yang dimasukkan oleh konsumen sudah sesuai uang yang harus dibayar. Minta konsumen agar menunjukkan bukti bahwa transaksi sudah berhasil.

2. Tidak Ada Kerugian karena Uang Palsu

Sampai dengan saat ini, kasus penggunaan uang palsu masih terus berlangsung karena masih adanya transaksi menggunakan uang tunai. Cukup banyak trik penipuan yang masih dilakukan oleh beberapa oknum. Uang palsu tentu saja akan merugikan para merchant. Hadirnya QRIS bisa meminimalisir kerugian karena uang palsu ini.

Jika kamu merchant sudah menerapkan sistem QRIS ini, maka keuangan bisnis setidaknya jadi lebih aman. Manfaat QRIS ini bisa menjaga keamanan transaksi ketika kamu memiliki lebih banyak bisnis.

3. Banyak Alternatif Pembayaran

Keuntungan sebuah bisnis juga dipengaruhi oleh metode pembayaran yang disediakan. QRIS bisa digunakan untuk banyak alternatif pembayaran, baik itu yang melalui dompet digital, bahkan rekening langsung.

Tidak perlu khawatir lagi bahwa konsumen tidak jadi belanja karena sistem pembayaran yang mereka miliki tidak kamu sediakan. QR code pada QRIS bisa menghubungkan dengan berbagai jenis pembayaran, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi.

4. Merchant Bisa Memantau Transaksi

Semua transaksi yang dilakukan melalui QRIS sudah pasti tercatat. Jadi, kamu bisa memantau setiap riwayat transaksi secara real time. Data transaksi ini akan membantu kamu untuk menganalisis strategi bisnis ke depannya. Jadi manfaat QRIS tidak hanya sekitar transaksi saja, namun juga untuk pengembangan usaha.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *