5 Animasi Populer yang Dilarang Tayang di Indonesia, Ada 2 Film Disney : Okezone Celebrity

JAKARTA – Film animasi identik ditujukan kepada anak-anak. Namun, ada beberapa film animasi yang tidak dapat tayang karena tidak lulus sensor atau dinilai kurang layak untuk disaksikan.

Berikut ini Okezone hadirkan 5 animasi populer yang dilarang tayang di Indonesia, melansir dari berbagai sumber, Selasa (17/10/2023).

 BACA JUGA:

1. Lightyear


Film Lightyear yang rilis pada 17 juni 2022 tidak dibolehkan tayang di indonesia. Film lanjutan dari Toy Story ini mengisahkan Buzz Lightyear, salah satu tokoh mainan populer dalam franchise Toy Story universe yang sangat terkenal.

Namun penayangan Lightyear menuai masalah di 14 negara, salah satunya di Indonesia. Pasalnya, terdapat adegan ciuman sesama jenis yang dianggap mengkampanyekan LGBT dan pihak Disney menolak untuk memotong adegan tersebut. Oleh karena itu, film Lightyear 2022 dilarang tayang di Indonesia.

2. Strange World


Strange World dianggap sebagai film Disney paling gagal di tahun 2022. Rilis pada 23 November 2022, film ini mengisahkan tentang keluarga penjelajah dari tiga generasi yang mempunyai misi menyelamatkan bumi dari krisis ekologis misterius.

Strange World dilarang tayang di berbagai negara seperti di Rusia dan Asia, salah satunya di Indonesia, lantaran karakter utamanya menjadi bagian dari LGBT. Karena itu, film ini hanya meraup keuntungan USD68 juta dari total biaya produksi yang di perkirakan mencapai USD180 juta yang artinya mengalami kerugian mencapai USD112 juta atau setara dengan Rp1,6 triliun.

3. Death Note


Anime populer Death Note yang diadaptasi dari manga karangan Tsugumi Ohba dilarang tayang di berbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia. Anime ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang mendapat buku ajaib dengan kemampuan membunuh orang bila namanya ditulis di dalam buku tersebut.

Baca Juga  Heboh Debt Collector Ancam Bunuh Nasabah hingga Paksa Jual Aset, Ini Respons Kredivo : Okezone Nasional

Plot yang keras ditambah banyaknya adegan bunuh diri, kekerasan, dan pertumpahan darah menyebabkan Death Note dilarang tayang di berbagai negara. Di Tanah Air, Death Note sempat tayang di beberapa siaran TV sampai dipindahkan jam tayang di malam hari dan akhirnya tidak tayang lagi.

4. One Piece


Animasi yang dilarang tayang di Indonesia selanjutnya adalah One Piece karya Eiichiro Oda sangat populer hingga sekarang. Bercerita tentang anak laki laki yang berambisi menjadi raja bajak laut, dan dibumbui dengan adegan petualangan serta plot cerita yang menarik.

Awalnya, One Piece ditayangkan di Minggu pagi bersama dengan anime lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, serialnya sudah tidak menghiasi layar kaca. Usut punya usut, hal ini disebabkan banyaknya adegan kekerasan dan gaya animasi yang terlalu vulgar untuk karakter wanitanya.

5. Detective Conan


Detective Conan karya Gosho Aoyama menceritakan tentang seorang detektif muda yang berbakat dan jenius yang tubuhnya menjadi kecil akibat pil yang diberikan oleh organisasi hitam. Dengan tubuh kecilnya, ia tetap membantu polisi memecahkan kasus kriminal sulit dengan cara yang jenius

Detective Conan yang sudah menghiasi televisi Indonesia sejak 1997 akhirnya dilarang tayang, karena terdapat banyak adegan pembunuhan dan menjelaskan bagaimana otak kriminal berkerja. Hal ini dikhawatirkan akan dicontoh oleh anak anak.


Follow Berita Okezone di Google News


(ltb)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *