4 Fakta Uang Koin yang Punya Nilai Jual Tinggi : Okezone Economy

JAKARTA – Harga uang koin ternyata memiliki nilai yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh langkanya jenis uang koin ini di peredaran. Bahkan, jumlahnya sudah sangat sedikit.



Sehingga uang koin ini menjadi incaran para kolektor yang gemar mengumpulkan uang koin langka. Bagi para kolektor, memiliki uang koin langka seperti ini merupakan suatu kebanggaan dan investasi yang berharga.

Berikut 4 fakta Uang Koin yang punya nilai jual tinggi yang dirangkum Okezone, Sabtu (6/1/2024):

1. Mencapai Harga Hingga Ratusan Juta

Uang koin Rp1.000 Kelapa Sawit sendiri diketahui dapat dijual dengan harga sebesar Rp100 juta per keping. Hal ini diungkapkan langsung oleh akun Nafisha04_shop, seorang penjual yang mengaku sudah mengumpulkan uang koin Rp1.000 tersebut selama 10 tahun.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Resmi Dicabut oleh Bank Indonesia

Uang Koin yang punya nilai jual tinggi (Rp1.000 Kelapa Sawit,dan Rp500 Melati) ternyata telah resmi dicabut Bank Indonesia (BI), pada 1 Desember 2023.

BI secara resmi mencabut peredaran uang logam pecahan Rp500 dengan gambar melati yang diterbitkan pada tahun emisi 1991 dan 1997, dan uang logam pecahan Rp1000 dengan gambar kelapa sawit yang diterbitkan pada tahun emisi 1993.

Serta uang logam pecahan Rp25 juga sudah ditarik oleh Bank Indonesia sehingga tidak lagi menjadi alat transaksi pembayaran sah.

3. Banyak Dicari Kolektor

Uang Koin yang punya nilai jual tinggi (Rp1.000 Kelapa Sawit, Rp25 dan Rp500 Melati) ternyata menarik perhatian banyak orang, terutama para kolektor dan investor.

Baca Juga  Ganjar Pranowo Tegaskan KPK Perlu Dikuatkan! : Okezone Nasional

Mereka menilai uang koin tersebut memiliki potensi dan nilai yang tinggi sehingga hal itu menarik minat mereka untuk mengkoleksi memperoleh koin-koin logam langka tersebut.

4. Paling Tinggi

Harga uang koin langka Rp25 tahun 1996 jika dijual harganya berbeda di toko online. Untuk Tokopedia seharga Rp1000 hingga Rp100 ribu hanya dalam satu keping. Di Shopee, dijual seharga Rp5000 hingga Rp50.000. Sedangkan di Bukalapak mencapai Rp1 juta jika membeli Borongan untuk uang koin langka.

Ternyata, uang logam Rp25 tahun emisi 1971 saat ini menjadi salah satu koin kuno yang termahal di Indonesia dengan harga yang mencapai ratusan ribu rupiah.

Berdasarkan salah satu situs jual beli online Tokopedia, Lucian Skyberg Figure menjual uang koin Rp50 tahun 1971 dengan harga Rp450.000 per keping.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *